Sunday, November 24, 2013

Sistem Operasi Syambian

Symbian OS adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain oleh Symbian Ltd untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform

Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008,[1] Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%),Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s. Ponsel symbian s60 v5 dan symbian ^3 rata rata menggunakan layar sentuh kecuali nokia e6-00 dan nokia e7.ponsel symbian ^3 yang pertama meluncur aadalah nokia n8 dengan kamera 12 megapiksel.symbian ^3 mendapat pembaruan pertama yang disebut symbian anna. digunakan di ponsel nokia x7-00 dan e6-00. sedangkan pembaruan terbaru disebut symbian belle. semua ponsel symbian ^3 bisa diupgrade ke symbian belle.
Sekarang keseluruhan saham di symbian limited telah dimiliki oleh nokia dan posisi sistem operasi symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak telah direbut oleh sistem operasi buatan google yaitu sistem operasi android yang meluncur pada akhir tahun 2009 dengan ponsel pertamanya htc dreaam g1.vendor ponsel seperti samsung,lg,sony ericsson sekarang tidak laagi menggunakan sistem oprasi symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini.
Sejarah Sistem Operasi Syambian
Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian (kesesuaian) antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan imple-mentasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.
Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API. Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas bluetooth dengan digunakan-nya bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.
Sistem operasi Symbian yang berakar pada software (perangkat lunak) EPOC Psion, memiliki fitur preemptive multitasking dan memory protection, seperti pada system operasi lainnya (terutama pada desktop komputer). Pendekatan EPOC untuk multitaskingtelah terinspirasi oleh VSM dan didasarkan pada asynchronous server berbasis peristiwa.Sistem operasi Symbian dibangun mengikuti tiga aturan perancangan :”integritas dan keamanan data” pengguna yang merupakan hal terpenting,”waktu” pengguna yang tidak boleh disia-siakan, ¨”segala sumber daya” yang terbatas. Hal ini menyebabkan penulisan dengan microkernel, layanan dengan cara request-and-callback (permintaan dan panggilan), pemisahan konsep antara  User Interface dan Engine (login bisnis dari aplikasi Symbian). Sistem operasi ini dioptimalkan untuk peralatan dengan daya listrik (batere)  yang rendah dan untuk sistem yang berbasis ROM. Aplikasi dan sistem operasi mengikuti rancangan berorientasi objek MVC.
Dengan menggunakan pemrograman Symbian-khusus seperti descrip-tors dan cleanup stack, ada tekanan yang kuat pada penghematan sumber daya. Ada pula tehnik yang mirip untuk penghematan ruang disk (walaupun disk pada perangkat Symbian biasanya flash memori). Selain itu, semua pemrogramam pada sistem operasi Symbian adalah berdasarkan peristiwa, dan CPU akan dinonaktifkan bila aplikasi tidak berhubungan langsung dengan peristiwa. Hal ini dicapai melalui program yang disebut dengan istilahactive objects. Sistem Operasi Symbian Kernel (EKA2) mendukung respond dengan cukup cepat dan real-time yang memungkinkan membangun sebuah  inti telepon disekitarnya, oleh karena itu sebuah telepon yang memiliki sebuah prosesor dapat melaksanakan keduanya baik aplikasi peng-guna maupun isyarat stack. Ini merupakan fitur yang tidak tersedia di Linux. Ini telah memungkinkan sistem operasi Symbian EKA2 menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih efisien. Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform.

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Followers

Followers

DMCA.com